Dunia Kecilku

Life with a Better Quality

Jika Anak Susah Makan

Bulan ini anakku memasuki umur 14 bulan banyak perubahan yang mulai terlihat pada dirinya seperti tinggi badannya mulai bertambah (yang semula berdiri di bawah piano nggak kejedot sekarang dah mulai kejedot) sudah mulai lari, mulai banyak banyak bicara yang awal nya cuman au..au..papa sekarang dah bicara air, es, maem, mama, papa, eyang, mimi (maksudnya minum) kue, roti, sampai geleng-geleng kepala pertanda tidak mau. Pokoknya sekarang nih, kalo udah nyampek kantor yang ada cuman kangen ajah ma anak. Tapi hanya satu keluhan ku saat ini, mengapa anaku mulai ga doyan makan padahal sewaktu umut 6-12 bulan, semua yang kuhidangkan selalu di makan termasuk bubur dan tim nasi yang kubuat setiap pagi untuk dirinya. Salah satu solusi ku di saat si kecil tak mau makan adalah menyuruhnya memperbanyak minum susu. Tapi untuk makanan yang lain seperti tempe goreng, tahu goreng, biskuit, juice Jeruk, apel, juice pir anakku doyan banget...
(kalo yang ini kayaknya turunan niyh dari omie nya yang memang suka banget ngemil. Hehehehhe.....)

Susu, susu dan susu, setiap ada waktu untuk minum langsung ku sodorkan botol susu nya... kadang pula jika pagi hari si kecilku tak mau makan, aku membuatkan dia susu yang di campur dengan kuning telur ayam kampung. 
Mau tau cara buat nya : pertama kita tuang air hangat yang rada panas kemudian masukkan kuning telur ayam kampung kocok hingga rata, otomatis warna air menjadi kuning kemudian beri tambahan air dingin dan susu sesuai takaran yang di inginkan setelah semua selesei tutup botolnya dan kocok kembali hingga rata.
Tips. Kalau bisa susu yang kita buat untuk si kecil jangan terlalu banyak... sayang banget kalo susunya ngga di habiskan. Secara susu telur mengenyangkan gitu louh.
Lagi pula susu telur harus di habiskan saat itu juga kalo terlalu lama di dalam botol biasanya susu menjadi amis dan si kecil susah untuk minum.  

Jika susu telur udah di minum aku ngerasa hatiku tenang dan nyaman. Karena pastilah perutnya kenyang. Tidurnya pun bisa sampai lama,... kadang pula air putih yang di gunakan untuk campuran susu botolnya aku ganti dengan air rebusan kacang hijau yang masih berwarna merah ...
Kalo ini resep dari Mamaku sewaktu merawat diriku saat bayi, aku sering di beri minuman seperti itu, dan memang benar resep nya telah aku praktekan ke anakku dan alhasil berat badan anakku yang semula ringan bila di gendong menjadi berat (kata org jawa anteb).

Untuk sehari-harinya anakku suka sekali dengan sayur bayam dan jagung manis rebus yang di potong-potong dan di rebus bersamaan dengan air kunci (air rebusan sayur bayam yang masih polos alias bayam nya belum di masukan), kalau sudah makan itu... rasa senangku semakin meningkat mengasuh dirinya... bersyukur pada tuhan telah di beri kesempatan mendapatkan anugrah melahirkan, merawat dan mendidiknya. 

Jadi kesimpulan dalam merawat anak atau balita yaitu perlu adanya seni dan kreatifitas.
Semakin kreatif mendidik dan mengasuh maka semakin baik pula hasil yang di terima yang pasti dalam konteks memberikan pola asuh anak yang posit

Dari semua yang kulakukan terhadap si kecil, apakah hal ini memberikan efek jelek pada si kecil, terutama saat ini saat anakku susah sekali untuk makan dan lebih asik bermain, belajar dan berlari.

Dari beberapa sumber yang aku baca dapat disimpulkan bahwa kebutuhan makanan tidak dapat digantikan dengan minum susu saja. karena dengan minum susu, kebutuhan kalori si kecil memang dapat terpenuhi, tetapi tidak kebutuhan akan zat gizi lainnya. Tubuh tetap membutuhkan serat, vitamin, mineral, dan sebagainya. Yang terbaik tetap lah memberikan gizi seimbang kepada si kecil dengan mengonsumsi beragam bahan makanan.

Sumber Kompas.com 
Susu adalah pelengkap untuk memenuhi kebutuhan akan zat gizi tubuh, terutama kebutuhan akan kalsium.
Tetapi dengan mengonsumsi beragam bahan makanan maka asupan kebutuhan kalsium dan kalori per hari sudah tercukupi. Jadi,bila si kecil malas minum susu dan selama si kecil memiliki kebiasaan makan dengan gizi seimbang dari bahan makanan yang beragam, maka kemalasan si kecil untuk makan itu tak perlu dikhawatirkan. 

Bahan makanan selain susu sebagai sumber kalsium antara lain telur, ikan, udang, kerang, kepiting, kacang-kacangan (tempe, tahu, kacang hijau, dll.), daun singkong, daun bayam, dan daun melinjo. 
Contoh, 100 gr tempe mengandung 129 mg kalsium, atau 100 gr bayam mengandung 265 mg kalsium. Sementara kebutuhan kalsium per hari untuk si batita adalah 500 mg. Berarti dengan mengonsumsi sayuran bayam ditambah bahan makanan lain, pastinya kebutuhan akan kalsium dapat tercukupi.


Nah dengan semua yang ku sampaikan di atas semoga menjadi pembelajaran yang terbaik 
Buat kalian yang telah mampir ke Blog ku ... thanks Guys 



3 komentar:

Anonim mengatakan...
Lina Marliana mengatakan...

Nice thread sist...keep blogging yah... :)

17 Oktober 2009 15.25  
Staff Ngeditblog mengatakan...

Jika Usia 2 tahun bagi seorang anak sudah seharusnya ia mengkonsumsi makanan seperti layaknya orang dewasa. Sebaiknya kebiasaan menyusui mulai dikurangi. Pengen tahu caranya temukan jawab solusi masalah susah makan pada anak anda di Tanyadok.com Portal tanya jawab seputar kesehatan

23 Juni 2015 12.47  

Posting Komentar