Dunia Kecilku

Life with a Better Quality

Vaksin IPD

Sangat menyenangkan melihat buah hati tumbuh dengan sehat dan ceria. Bagaimana dengan anda ? Pasti kuyakin sama seperti yang kurasakan. 

Karena itu kuberikan semua Imunisasi yang dapat mencegah nya dari berbagai penyakit yang membahayakan termasuk Imunisasi terbaru yaitu IPD. Saat ini, selesai sudahlah pemberian Vaksin IPD pada anakku, pemberian vaksin IPD pada bayi adalah 4 kali. Suntikan pertama kali di usia bayi 3 bulan, vaksin kedua di usia 6 bulan, vaksin ketiga di usia bayi 9 bulan dan yang terakir adalah yang ke empat di usia bayi tepat 1 tahun. Lega banget rasanya setelah vaksin IPD selesai di berikan pada bayiku.
Karena uang yang di keluarkan untuk Vaksin IPD ini juga ga' sedikit, kalo di dokter anak tempatku ( rekomendasi dari RS. Putri Surabaya ) harganya +/- Rp 800.000,- harga tersebut saat usia anakku anatara 6 – 12 bulan jadi pemberian vaksin 4 kali. Saranku kalo mo vaksin IPD lebih baik tanya dulu ke dokter nya karena masing -masing dokter berbeda tarif nya.
Tapi meski mahal, demi anak ga masalah apalagi demi kesehatan no problem yang penting ada uang apa pun bisa di lakukan hehhehe.. ya ga' ... :)

Nah karena beberapa bulan lalu beberapa sahabatku kurang paham tentang Vaksin IPD dan dia menantangku menjelaskan hal ini, so it's time to explaining about IPD vaccine, buat para ibu dan pengunjung bloggerku yang juga belum mengerti tentang IPD silahkan membaca.... 


IPD kependekan dari Invasive Pneumococcal Disease berguna untuk mencegah penyakit Pneumokokus Disease 

IPD di sebabkan oleh bakteri Streptococcus Pneumoniae (Pneumokokus) yang menyebabkan kematian utama satu juta bayi dan balita setiap tahunnya di seluruh dunia. IPD terbanyak menyerang bayi dan anak-anak di bawah usia 2 tahun.

IPD (baca Ay :Pi:Di) adalah sekelompok penyakit dan gejala terdiri dari 
~Radang Paru ( Pneumonia )
Gejala Demam tinggi, nyeri dada saat bernafas, batuk berdahak, denyut nadi cepat, lemah , lemas dan sesak nafas kadang disertai mual, muntah dan nyeri kepala. Pada bayi di tandai dengan rewel dan kurang nafsu makan.
~Radang selaput otak ( Meningitis )
Gejala Demam tinggi, kejang, gelisah, lesu, muntah, nyeri kepala, gangguan kesadaran hingga koma.
~Infeksi darah ( Bakteremia ) 
Gejala Akan lebih berat karena merupakan komplikasi dari pneumonia dan dapat mengakibatkan Radang selaput otak ( Meningitis ).
~Sepsis
Dapat menyebabkan syok septik, kegagalan fungsi organ tubuh dan kematian.
  ( kelanjutan infeksi darah yang dapat mengakibatkan syok & kegagalan fungsi organ tubuh ) 
Penyakit-penyakit ini dapat menyebabkan cacat dan kematian.

Apa akibat Meningitis yang di timbulkan oleh IPD  
Meningitis pneumokokus dapat menyebabkan kematian dan kecacatan yang permanen,~ antara lain :
~Ketulian
~Retardasi Mental 
~Kemunduran Inteligensi 
~Kelumpuhan
~Gangguan Saraf

Apakah Penyakit yang di sebabkan Oleh IPD dapat di obati ?
IPD dapat di obati dengan pemberian antibiotika dosis tinggi, tetapi saat ini banyak bakteri Streptococcus Pneumoniae (Pneumokokus) yang sudah kebal terhadap Antibiotika, sehingga semakin mempersulit pengobatannya. Bisa disembuhkan tetapi teteap membawa gejala sisa seperti kelumpuhan dan kehilangan pendengaran.

Bagaimana Penularannya ?
Penularan melalui percikan ludah, ketika orang yang sudah terinfeksi oleh bakteri Streptococcus Pneumoniae (Pneumokokus) itu batuk, bersin maupun berbicara. Faktor pemicu terjangkitnya penyakit ini karena kondisi tubuh anak sedang turun dan baru sembuh dari sakit.

Bagaimana cara melinduingi bayi dari IPD ?
Cara melindungi bayi dari IPD adalah dengan memberikan Vaksin Pneumokokus. 
~Usia di bawah 6 bulan : di berikan 4 dosis yaitu
usia 2 bulan, usia 4 bulan, usia  6 bulan  dan booster 12 – 15 bulan
~Usia 7 – 11 bulan : di berikan 3 dosis, 2 dosis pertama dengan interval 4 minggu dan dosis ketiga diberikan setelah usia 12 bulan.
~Usia 12 – 23 bulan : cukup di berikan 2 dosis dengan interval 2 bulan.
~Usia 2 tahun ke atas cukup di berikan 1 dosis saja. 
Antibodi yang terbentuk setelah vaksinasi lengkap dapat bertahan jangka panjang karena vaksin ini dapat merangsang pembentukan sel memori dari dalam tubuh buah hati anda.

Apakah vaksin ini aman ?
Reaksi umum di timbulkan oleh vaksin Pneumokokus sama seperto semua jenis vaksin. Pada studi klinis, reaksi umum dari vaksinasi yang paling banyak di laporkan adalah demam ringan, rewel dan kemerahan (rash) pada kulit.

Dimanakah vaksin ini dapat di berikan ?
Vaksin pneumokokus tersedia hampir di semua dokter spesialis anak di kota anda atau di rumah sakit besar yang terdekat. 
Orang tua dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak mengenai jadwal pemberian vaksin pneumokokus baru sesuai dengan kondisi kesehatan dan usia anak anda.
MENCEGAH LEBIH BAIK DARI PADA MENGOBATI !
CIPTAKAN HARI ESOK YANG LEBIH BAIK DAN BERI INVESTASI KESEHATAN KEPADA BUAH HATI ANDA.











1 komentar:

Lina Marliana mengatakan...

wah..infonya mantap nih..! Pengetahuan buat ibu2 yg punya bayi.. Thanks..

19 Oktober 2009 23.27  

Posting Komentar