Dunia Kecilku

Life with a Better Quality

Martabak Asin

Cemilan yang satu ini ga ada matinya bagi keluargaku, semua suka meski seminggu 2 sampai 3 kali makan,makanan ini. Kita - kita tetep ga bosen... Gurih, Asin  dan yang pasti kalo ada cabe nya pedes ... huuuufthh haaah ...  (ya iyalah cabe kan pedas masa pahit )
Resep ini aku dapatkan dari Ibu mertua ku, yang emang dasarnya suka masak makanan yang asin  dan suka buanget buat cemilan. Dan karena aku menikah dengan anaknya, so pastilah mau ga mau kudu mau cari tau dan kudu tau, resep martabak ala Mama Mertua, ternyata dan ternyata setelah di rasakan, capek banget euy ...  buat kulitnya. Gimana ngga, buatnya pakek di banting-Banting...  Di jamin kalo sering buat kulit martabak jadi kekar lengannya ..  otot tangan juga di jamin kayak kawat (jadi malu deh "mringis" sendirian... cos aku teringat gaya ku kalo buat tepung nya martabak... kayak pendekar mo matahin puluhan genting jadi 2 bagian ...   (ciat.. bug.. bug.. bug... ). Stooooooop, ngomong apa toh kok jadi OOT (out of topic). 
"iya yah.. baru sadar "  

siip..siiip, sekarang udah sadar kembali. Serius serius... mengulas resep martabak.

Bahan Pertama yang harus dibuat yaitu :
- Daging cincang rasa Kari. (jangan salah yah BUMBU KARI, catet
Bumbu Kari :
5 siung bawang putih
10 butir bawang merah
5 cm jahe
5 cm kunyit
10 buah kapulaga
1/2 sdt ketumbar utuh
1/2 jintan
1/2 sdt adas manis
lada, pala, garam secukupnya
5 buah pekak
3 asam kandis
5 tangkai salam koja
5 lembar daun jeruk



Cara Membuat : 
1. Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, dan kunyit.
2. Sangrai kapulaga, ketumbar, jintan, dan adas. Kemudian haluskan, sisihkan.
3. Tumis semua bumbu halus hingga harum jangan lupa beri serai dan daun jeruk agar harum.


Note: Untuk Para pemasak yang malas membuat bumbu Bisa di gunakan bumbu instan Kari yang di beli di swalayan (cos kalo aku keseringan seperti itu... cara pintas yang ga kalah enak rasanya )
ssttt... menyebutkan merk, Pilih saja bumbu indofood "curry" enak kok.
 


Bahan Kedua yang Ga kalah penting adalah :
1/2 kg daging sapi Khas dalam atau bisa juga pakai bagian paha / sengkel. (kusus daging aja, biasanya bagian ini digunakan untuk memasak Empal )
nah daging ini  rebus hingga lunak kotak2 dan blender kalau mesin blender nya susah jalan beri saja sedikit air kaldu rebusan daging, dan seeer... dijamin daging tersebut berubah menjadi daging suwir. Setelah daging siap di olah, kita masak dengan bumbu kari, jangan lupa bumbu karinya di gongso/di tumis hingga harum terlebih dahulu  lalu masukkan daging tersebut masak hingga daging kering. (kalo suka asin boleh di tambahin garam sah-saha ajah kok kan selera ) 
Setalah bahan utama siap, kita mulai langkah ke tiga(hehe.. pokoknya kalo buat martabak capek-capek seneng deh, itu kalo jadi kalo ngga yah coba lagi ... )

Bahan Ketiga yang juga ga kalah penting adalah : 

Bawang Prei Bersihkan Rajang sampai habis .. Simpan dalam kotak   

 
Bahan Terakhir yang juga paling Penting adalah Kulit Martabak 
Bahan : 
Tepung Terigu 1/2 kg
Minyak Goreng 6 Sdm Panaskan 
Garam secukupnya biar gurih 
Telor 1 bt 
kemudian air secukupnya 

Cara buat :

  1. Campur tepung terigu dengan garam, aduk rata kemudian masukkan minyak goreng panas perlahan ratakan di seluruh tepung hingga tepung terasa hangat kemudian masukkan telor aduk-aduk terakhir masukkan air, sedikit demi sedikit awal nya adonan lengket dan liat, tapi jangan menyerah terus saja di aduk / di uleni  sampai adonan tak lengket di tangan kemudian langkah terakhir banting banting terus. Tujuannya supaya tepung lunak dan empuk terasa kok kalo dah di banting adonan yang awalnya keras menjadi lunak dan empuk. 
  2. Setelah adonan selesei di banting, potong-potong kecil sama rata lalu bulatkan adonan 
  3. Rendam Bulatan tersebut di dalam minyak goreng.  
  4. Selesei siap di gunakan.
Langkah Terakhir Buat Martabak dengan sesungguhnya.  

  1. Siapkan Mamer ato kalo ga punya keramik dapur itu aja deh... bersihkan sampai bersih kita akan gunakan sebagai alas. 
  2. Setiap kali kita buat martabak nya  setiap kali juga kita olesi minyak di keramik.
  3. Siapakan campuran Telor 2 butir, daging 1 - 2 sdm (sesuai selera aja), garam sejumput, Bawang prei (bahan utama martabak) 5 - 6 sdm aduk hingga rata.
  4. Tuang ke kulit tersebut, lipat angkat perlahan ke penggorengan / wajan. Hati-hati kulit nya sobek kalo sobek telurnya keluar dan buat penampilan ga bagus. 
  5. Goreng hingga matang. 
  6. Sajikan bersama saus sambal yang sudah di campur dengan sedikit air hangat. 
  7. Kalo mau lebih rame2 makan nya belah jadi empat martabaknya, di jamin bakalan rame kemripik, kriuk-kriuk makan nya ...  (itu mah tradisi keluargaku makan rame-rame ).    

This is it, Martabak Asin Ala Chief TikaQueen
  
Wuiih panjang juga yah ...  posting Martabak Asin Resep Ibu Mertua.
Boleh dicoba kok...  kalo pandai memasak daging kari-nya. Dijamin rasanya ga jauh-jauh dari Martabak Holland   "cos kata mama, papa, dan suami yang sudah mencicipi martabak bikinan ku, rasanya ga kalah sama Holland. dan setelah aku bikin martabak ini putaran ke2 ibu mertua, kucicipin dan awalnya no comment hanya dimakan saja  "masa, seih ga enak... tapi kok abis 2 dan setelah beberapa jam makan martabak bikinanku baru berkomentar "rasanya enak tika, malah  lebih enak bikinan mu dari pada mama, sstt.. mungkin karena  ke enakan yah, jadi ibu mertuaku susah cari kata-kata untuk mantu nya yang  satu ini yang ga bisa diem, Banyak cerita (its mind banyak bicara yah  ) yang pasti baik kalo ga baik mana mungkin diambil menantu hehe.. iya ga' ... )

Ok deh sekian ajah postingnya, setelah sekian lama vakum tak mengisi blogku. 
Buat para Chief pemula, tetap semangat memasak...

Selamat mencoba...
   

 

 




12 komentar:

RifkyMedia™ mengatakan...

saya minta hasil jadinya ajah deh mbak nyam nyam! hehehehe

16 Januari 2010 00.41  
Lina Marliana mengatakan...

Mana cicipnya ????? belum ketahuan lho enak ato ga ? klo sudah dikasih cicip dan ternyata hasilnya enak.. aku pesen deh 5 porsi ! hehehe..

18 Januari 2010 09.38  
RifkyMedia™ mengatakan...

I love martabak.indonesian pizza :D

20 Januari 2010 20.38  
adjie mengatakan...

wah.... enak nih keliatannya! ^,^

mmm... tapi gak bisa masak, beli jadi aja deh!

23 Februari 2010 23.17  
harto mengatakan...

hmmmm.... asyik juga niiih, menggoda selera.....mau doooong....

26 Maret 2010 06.46  
Rahad 2 Six mengatakan...

kayaknya enak tuh...
nyicip ah...
nyemnyem...enyak enyak enyak...

27 Maret 2010 21.08  
Tika Sumadiyono mengatakan...

@ mbak lina. so pasti kalo ketemu aku cicipin.. tapi kapan yah buatnya.. hehehe

@adjie. iya beli ajah lebih praktis

@Pak harto. heheee.. bisa aja

@rahad2six. emang enak, suer. kalo suka nyemil pasti enak. apalagi kalo lappper hehehehe

30 Maret 2010 23.58  
phonank mengatakan...

Hummmm.... nyummy...

Tapi kok martabak asin...
aku gak doyan yg asin-asin,, nanti dikira mau minta kawin lagi... hehehehe

3 April 2010 01.28  
Yani mengatakan...

hhmmmmmm, unik juga ya martabak asin namanya...
aku mau nyoba bikin dech

12 April 2010 16.14  
Tika Sumadiyono mengatakan...

@Phonank asin identik dengan gurih, jadi so yummy. itu kesukaan keluarga.

@yani. Boleh2... ntar lempar kesini yah kalo dah jadi :D

15 April 2010 08.26  
Anonim mengatakan...

ijin copas resep ^^
makasi

28 September 2010 14.55  
sprei bed cover mengatakan...

thank you good blog articles and helpful, good luck greeting is always da bloggers ......
sprei
sprei murah
sprei online
jual sprei
grosir sprei
sprei anak

29 November 2011 19.00  

Posting Komentar